Selasa, 11 November 2014

Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan



Sebagai wanita dan calon ibu, selain melahirkan pastinya pengen banget bisa kasih ASI eksklusif untuk anak.
Namun cerita dari teman - teman yang berpengalaman, setiap ibu memiliki kondisi masing - masing atas ketersediaan air susunya.
Tapi menurut saya ngga ada salahnya dan merupakan keharusan, kita sebagai calon ibu harus berusaha untuk mempersiapkannya supaya hasilnya bisa maksimal.
Berikut beberapa persiapannya...

1. Siap psikologis
Langkah awal yang harus anda lakukan untuk memberikan ASI ekslusif yang lancar yaitu dengan rasa percaya diri dan dukungan dari orang sekitar. Rajin mencari informasi mengenai ASI  yang baik diberikan kepada bayi.
2. Nutrisi selama kehamilan untuk menunjang menyusui
Kesehatan ibu hamil didukung oleh asupan nutrisi selama hamil. Tidak itu saja bahkan nutrisi yang tercukupi selama kehamilan akan menyiapkan kualitas ASI yang baik. Saya coba membuat daftar menu sehat selama kehamilan sehingga mambantu dalam melengkapi nutrisi dan menghindari beberapa makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.
3. Terapi Pijat Payudara
Memasuki usia kehamilan enam bulan, semestinya melakukan terapi pijat dua kali sehari di waktu anda mandi.Terapi ini akan membantu kelenjar ASI menjadi optimal dan mengindari rasa sakit yang umum terjadi pada area puting saat anda menyusui pertama kali, Namun kondisi kehamilan saya agak sedikit berbeda, setiap pemijatan dilakukan dapat menimbulkan kontraksi jadi dokter tidak menyarankan saya melakukan pemijatan.
5. Konsultasi dengan bidan
6. Persiapkan pakaian menyusui

With Love,
RIY

Tidak ada komentar :

Posting Komentar